Senin, 10 Maret 2014

Gunung Merapi Semburkan Abu Vulkanis




     Hujan abu tipis menerpa lereng Merapi. Hujan abu tersebut dirasakan sejak 07.15 WIB dan masih terjadi dengan intensitas ringan hingga berita ini diturunkan.

Warga juga menyaksikan kepulan asap membumbung tinggi di puncak Merapi. Hujan abu juga menyebar hingga lereng Gunung Merbabu.

"Masyarakat di Kecamatan Kemalang sisi atas merasakan hujan abu tipis. Itu dirasakan mulai sekitar pukul 07.15 WIB. Sampai saat ini, pukul 08.31 WIB, hujan abu masih dirasakan," ujar Komandan SAR Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa, Senin (10/3/2014)‎ pagi.

Pandu mengatakan, warga tidak merasakan adanya letusan ‎namun warga mengaku melihat kepulan asap membumbung tinggi beberapa saat sebelum hujan abu terjadi.

‎"Hujan abu intensitas ringan. Tidak ada kepanikan pada warga. Meskipun kami tetap waspada namun hingg saat ini aktivitas warga di lereng Merapi sisi timur yang masuk Kabupaten Klaten tetap berjalan normal," ujar Pandu.

Hujan abu juga ‎dirasakan warga di lereng utara Gunung Merapi yang masuk Kecamatan Selo, Boyolali. Menurut Mujiyanto, relawan Jalin Merapi, hujan abu tipis juga dirasakan di Dukuh Gesikan, Desa Jrakah, Solo.

Lokasi kampung tersebut justru telah berada di lereng Gunung Merbabu, gunung yang besebelahan dengan Merapi, tepatnya persis di sebelah utara Merapi.

Hingga berita ini dilaporkan, tidak ada tanda-tanda hujan abu akan meluas ‎ke kawasan lain.


Share from

Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontributor